Tuesday, May 03, 2011

Rekor Dunia - 109 Terabit Per Detik !

(ICTF - Hardware) Bayangkan jika dapat mengunduh data yang memerlukan waktu tiga bulan seperti mengunduh berkeping-keping video HD dalam waktu satu detik. Jika terdengar tidak masuk akal, maka hal itu dapat dilakukan. Seperti dilansir dari geek pada Selasa, (03/05/2011) sekelompok peneliti telah bekerja untuk mempercepat teknologi serat optik untuk rekor broadband.

Pertama kali dikembangkan pada tahun 1975 serat optik beroperasi pada bit rate 45Mbps. Hari ini, serat optik telah dikembangkan secara drastis hingga mencapai kecepatan 109Tb per detik. Hasil ini telah diraih oleh National Institute of Information and Communications di Tokyo.

Grup ini telah mengembangkan serat yang menggunakan 7 light-guiding cores bukan hanya single core normal. Sehingga setiap inti mampu membawa 15,6 terabit per detik sebesar 109 terabit jika digabungkan.

Pengembangan yang kedua berasal dari NEC Dayou Qian, yang mencapai 101,7 terabit per detik tapi metode ini tidak menggunakan core yang banyak tapi menciptakan pulse yang dikirimkan dari 370 laser secara terpisah. Setiap laser terdiri dari paket data tapi dikombinasikan untuk membentuk sejumlah besar transfer data. Dengan menggunakan 165 kilometer dari serat untuk menunjukan kecepatan super cepat ini.

Teknologi ini sudah banyak digunakan oleh situs-situs yang memiliki pusat data yang besar seperti Amazon, Facebook dan Google untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat lagi.

(ey/EY/ictf)

Source : ICTFiles.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter