Sunday, March 04, 2012

Festival Musik Woodstock


Lokasi : Amerika Serikat

- Bethel, New York (festival tahun 1969)
- Saugerties, New York
- Rome, New York

Tahun Diselenggarakan : Festival pertama tahun 1969, Festival Woodstock tahun 1973, 1989, 1994, dan 1999.
Pendiri : Michael Lang, John Roberts, Joel Rosenman, Artie Kornfeld
Tanggal : menurut rencana: 15 Agustus–17 Agustus 1969, diperpanjang hingga 18 Agustus 1969
Genre : rock, folk, termasuk blues-rock, folk rock, jazz fusion, latin rock, dan psychedelic rock. Alternative rock dan musik hip-hop pada festival 1973, 1989, 1994, dan 1999.

Festival Woodstock (Woodstock Music and Art Fair) adalah konser yang diadakan di tanah peternakan Max Yasgur yang luasnya 240 hektare di Bethel, New York dari 15 Agustus hingga 18 Agustus 1969. Bethel (Sullivan County) terletak 69 km barat daya desa Woodstock, New York yang berbatasan dengan Ulster County.

Festival Woodstock merupakan simbol budaya tandingan di akhir tahun 1960-an hingga awal 1970-an sekaligus zaman hippie. Sejumlah 32 musisi terkenal waktu itu tampil dalam konser yang berlangsung pada akhir pekan di tengah cuaca yang kadang-kadang turun hujan. Festival tahun 1969 secara luas dianggap sebagai salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah musik pop, dan masuk ke dalam "Daftar 50 Peristiwa yang Mengubah Sejarah Rock and Roll" versi majalah Rolling Stone.[1]

Jalannya festival ini direkam dalam film dokumenter berjudul Woodstock produksi tahun 1971. Selain itu, rekaman konser dirilis dalam bentuk album musik film, Woodstock: Music from the Original Soundtrack and More. Joni Mitchell juga menulis lagu "Woodstock" untuk memperingati Festival Woodstock. Lagu ini menjadi hit setelah dinyanyikan kembali oleh Crosby, Stills, Nash & Young.

Sejarah Berwujud Dari Woodstock 1969

For those Hippie, Woodstock dikenal sebagai pergelaran musik sekaligus pertemuan Hippie terbesar dalam sejarah. Namun bagi yang tak mengenal apa itu Hippie, Woodstock hanyalah nama sebuah desa di New York, Amerika, yang terletak berbatasan dengan Ulsen County.

Jika kalian pernah menonton film berjudul 'Taking Woodstock' yang menggambarkan tentang peristiwa ini, kalian pasti sudah tau seperti apa kira-kira situasi festival yang dihadiri oleh setengah juta orang, maksud saya, setengah juta generasi bunga.

FYI : Taking Woodstock ( 2009 ) yang disutradari oleh Ang Lee menjadi salah satu film favorite modern hippie. Such a hillarious movie, beautifully photographed and filled with performances that capture the idealism of the '60s. Highly recomended.

Berikut adalah gambaran singkat dari festival legendaris Woodstock 1969 serta dampaknya pada musik, budaya Amerika, dan dunia.

Woodstock adalah fenomena budaya musik pop dekade yang diadakan di di tanah peternakan Max Yasgur yang luasnya sekitar 240 hektare di Bethel, New York. Bethel (Sullivan County) terletak 69 km barat daya desa Woodstock.Dua nama yang disebut sebagai kepala lahirnya festival akbar ini yaitu Michael Lang dan Artie Kornfeld, adalah seorang promotor musik di Amerika. Woodstock diadakan selama tiga hari berturut-turut dari 15 - 18 Agustus 1969. Peristiwa yang mengarah ke festival legendaris Woodstock 1969 seperti sudah ditakdirkan untuk terjadi. Bisa dibilang sampai hari ini Woodstock 1969 merupakan hal yang paling mendalam dalam sejarah musik.

Kisah dimana orang dari seluruh dunia bertemu untuk perayaan perdamaian dan musik. Dimulai sebagai suatu peristiwa yang dibuat untuk menarik banyak penonton dari seluruh dunia dan dijadikan konser gratis yang dibuka untuk umum. Terhitung kurang lebih 500.000 orang berkumpul secara damai di Woodstock 1969 dan menciptakan pertemuan terbesar umat manusia dalam satu tempat dalam sejarah. Woodstock 1969 mendefinisikan seluruh generasi dan pengaruhnya terhadap musik serta budaya Amerika.

Ini adalah poster original Woodstock 1969. Menampilkan one of the most prolific musical line-ups dalam sejarah, seperti Jimi Hendrix, Janis Joplin, Joe Cocker, Santana, dan The Who. Kerumunan setengah juta manusia ini senantiasa mengirimkan pesan pada dunia bahwa individu dapat datang bersama-sama secara damai untuk merayakan perdamaian dan musik.

Woodstock 1969 diwujudkan dalam aksi-aksi yang luar biasa dari seluruh dunia. Pertunjukan legendaris dengan ikon musik seperti Jimi Hendrix, Joan Baez, Joe Cocker, Santana, Grateful Dead dan Janis Joplin masih dianggap landmark dalam sejarah musik. Woodstock 1969 juga menjadi pertunjukan terakhir Jimi Hendrix dan Janis Joplin yang dilihat sebagai the best in their respective fields, atau terbaik dalam bidangnya masing-masing. Musik psychedelic menjadi populer di Woodstock 69 dan masih mempengaruhi band dari segala usia sampai saat ini.

Hippie adalah istilah yang tidak berkurang dalam popularitas atau sebagai subkultur sampai saat ini. Hippie used to be called 'flower child' atau generasi bunga sebagai lambang perdamaian. Anak muda tahun 1960-an datang bersama dengan cita-cita yang sama dan menjadi pola dasar tandingan paling populer. Budaya hippie menunjukan pada mata dunia melalui ini, individu dapat mengatur bahwa demi kepentingan bersama, mereka dapat berkuasa dan memiliki hak sepenuhnya. Woodstock 1969 fokus untuk mengubah musik menjadi sebuah revolusi.

Sebenarnya ada doriginal playlist line-ups, atau band & performers Woodstock 15-18 Agustus 1969. Namun nampaknya terlalu panjang untuk post ini.

*Dari Berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter