Monday, March 19, 2012

Ini Para Juara Di Media Sosial 2012

TEMPO.CO , Jakarta- Keberadaan media sosial bisa dibilang merupakan pedang bermata dua bagi produk barang atau jasa sebuah perusahaan. Ini karena pengguna dapat mempublikasikan kepuasan ataupun kekecewaan setelah menggunakan produk tersebut.

"Ini adalah zaman di mana keberadaan media sosial tidak dapat dihindari. Mau tidak mau produk Anda akan dibicarakan dalam media ini," ujar Andi Sjarif, CEO jaringan pemasang iklan konteksual dalam jaringan internet, SITTI, ketika berbicara dalam malam penghargaan 'Juara Social Media' di Hotel Intercontinental Mid Plaza, Jumat, 16 Maret 2012 lalu.

Untuk mengapresiasi merek dengan reputasi terbaik di jejaring sosial, Majalah Swa, SITTI, OMG creative consulting, dan biro iklan digital Isobar mengadakan penghargaan bertajuk Juara Social Media, acara tahunan yang digelar untuk kedua kalinya tahun ini.

Tahun ini, sebanyak 33 merek dari masing-masing kategori berhasil mendapatkan predikat Indonesia Most Favorable Brand. "Untuk menentukannya, kami melakukan crawling, atau survei di jejaring sosial selama setahun penuh mulai dari 1 Januari hingga 31 Desember 2011," ujar Kemal Gani, Direktur Swa.

Monica Rudijono, Brand CEO Isobar, mengatakan proses dalam survei ini adalah menjaring brand yang paling banyak dibicarakan dengan atribut positif terhadap produknya, seperti jernih, aman, atau bagus. Setelah nominasi beberapa merek ditemukan, dihitung indeks score, yang merupakan akumulasi dari volume pembicaraan yang mengandung masing-masing atribut positif tersebut.

“Jadi yang menang tidak hanya mereka yang memiliki follower terbanyak,” ujarnya. Selain penghargaan pada merek, Juara Social Media juga memberikan penghargaan pada orang-orang paling berpengaruh di jejaring sosial dalam kategori tertentu, seperti olahraga, travel, dan fashion.

Untuk memilih tujuh orang yang diberi penghargaan sebagai Most Influential Personality, ada dua hal yang masuk dalam hitungan. Yang pertama adalah relevansi dari pengikut orang tersebut, yaitu memiliki kecenderungan untuk memposting topik yang sama dalam jejaring sosial.

“Selain itu kita juga lihat pengaruhnya, apakah ada timbal balik dari pengikutnya seperti Retweet atau reply dari postingan yang dikirimkan," ujar Monica menambahkan.

Berikut ini adalah daftar pemenang Juara Social Media 2012:

Indonesia Most Favorable Brand

1. Asuransi: Prudentia
2. Bank: Mandiri
3. Leasing: FIF
4. Kamera: Canon
5. Obat Batuk dan Flu: Panadol
6. Obat Sakit Kepala: Panadol
7. Kacang: Dua Kelinci
8. Kopi Bubuk: Kapal Api
9. Rokok Putih: Marlboro
10. Rokok Kretek: Dji Sam Soe
11. Rokok Mild: A Mild
12. Deodorant: Rexona
13. Maskapai Penerbangan Full Service: Garuda Indonesia
14. Maskapai Low Cost: Air Asia
15. Mobil: Toyota
16. Motor: Honda
17. Oli Pelumas: Castrol
18. Lemari Es: Samsung
19. Sepatu: Adidas
20. Televisi: Panasonic
21. Lipstick: Oriflame
22. Pasta Gigi: Pepsodent
23. Sabun mandi: Citra
24. Shampoo: Pantene
25. Biskuit: Oreo
26. Minuman isotonik: Mizone
27. Minuman penambah energi: Kukubima
28. Teh kemasan: Frestea
29. Mi instan: Indomie
30. Simcard GSM: Simpati
31. Simcard CDMA: Esia
32. Smartphone: Samsung
33. Laptop: Acer


Indonesia Most Influential Personality

1. Fashion: Pevita Pearce
2. Film: Joko Anwar.
3. Gadget: Deddy Corbuzier
4. Makanan: Farah Quinn
5. Perjalanan: Bondan Winarno
6. Musik: Ari Lasso
7. Olahraga: Desta

Source : Tempo.Co.Id

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter