Saturday, January 19, 2013

Wikivoyage, Situs Panduan Wisata dari Wikipedia

wikivoyage.org 

Menandai ulang tahunnya yang ke-12,  Yayasan Wikimedia meluncurkan situs panduan wisata bernama Wikivoyage.

Situs ini berisi sekitar 50.000 artikel yang ditulis secara kolaboratif oleh sukarelawan. Sebanyak 200-an editor yang juga sukarelawan menyunting tulisan-tulisan di Wikivoyage.

Beralamat di www.wikivoyage.org, Proyek Wikivoyage sendiri pertama kali dimulai tahun 2006 di bawah nama Wikitravel. Situs ini beroperasi di bawah induk perusahaan Internet Brands hingga tahun lalu bermigrasi ke server Wikimedia.

Sebelum resmi tersedia, Wikivoyage berada dalam status beta selama beberapa bulan.

"Tujuan Wikivoyage Association adalah mempromosikan edukasi dan pengetahuan tentang semua negara dan daerah d dunia, juga mendorong semangat untuk saling mengerti antar negara," ujar chairman Wikivoyage Association Stefan Fussan, seperti dikutip dari ITWire.com.

Direktor eksekutif Wikimedia FOundation Sue Gardner mengatakan bahwa selama ini ada permintaan yang sangat besar atas informasi travel, tapi sumber non-komersial yang tersedia sangat sedikit. "Wikivoyage akan mengubah keadaan itu," katanya.

Konten Wikivoyage saat ini tersedia dalam sembilan bahasa, yaitu Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Italia, Rusia, Portugis, Spanyol, dan Swedia.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter