Thursday, September 05, 2013

5 Karya Ikonik Nokia Untuk Industri Ponsel Dunia

R

KOMPAS.com - Nokia, nama yang pasti tak asing lagi di kalangan pengguna ponsel. Perusahaan asal Finlandia ini adalah salah satu pelopor telepon seluler yang mempopulerkan perangkat tersebut hingga ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Microsoft yang baru membeli Nokia turut memboyong sejarah panjang perusahaan tersebut, yang bermula pada 1865 sebagai pabrik kertas dan sempat mendominasi pasaran ponsel selama 14 tahun sebelum akhirnya tumbang di era smartphone.

Tentu, selama kiprahnya di bisnis mobile, tak cuma sekali dua Nokia memberikan kontribusi dan mengubah arah tren ponsel. Nah, berikut ini beberapa "sumbangan" perusahaan tersebut untuk dunia ponsel, sebagaimana dirangkum oleh Cnet.
Nokia 1011 

1. Nokia 1011. Pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1992, ponsel ini terlihat lebih mirip telepon rumah ketimbang perangkat portabel yang bisa dibawa ke mana-mana.

Nokia 1011 adalah ponsel GSM (Global System for Mobile communications) pertama yang diproduksi massal, sehingga membantu penyebaran teknologi seluler itu menjadi yang paling banyak dipakai di dunia.

Nokia 3210 

2. Ponsel murah meriah. "Handphone sejuta umat", label ini kerap digunakan untuk menyebut model-model seperti Nokia 3210 dan 5110 yang sangat populer di awal abad ke-21, terutama di kalangan pengguna muda karena relatif terjangkau dan memiliki cover warna-warni yang bisa diganti.

Model-model ini membantu perluasan pasar Nokia dan meningkatkan awareness terhadap merek tersebut. Nama Nokia pun identik dengan ponsel.
Nokia 8110 
3. Desain unik dan menarik. Tak seperti kini, dulu, ponsel Nokia memiliki bentuk yang beraneka ragam. Perusahaan ini tak takut-takut menjalankan pola pikir "out of the box" dan menelurkan sejumlah rancangan ikonik di dunia ponsel.

Contohnya, Nokia 8110 yang memiliki bentuk melengkung dan faktor bentuk slider yang membuatnya terlihat keren ketika meluncur pada 1998.

Ponsel ini pun menjadi bintang di film pertama trilogi "The Matrix" yang dirilis pada tahun yang sama. Pada masa-masa setelah itu, Nokia terus berinovasi. Rancangan-rancangannya termasuk ponsel berbentuk persegi, dengan keyboard QWERTY, bahkan yang mirip lipstick seperti Nokia 7280 dan 7380.
Nokia 7110 
4. Mempelopori teknologi. Nokia memperkenalkan banyak fitur teknologi yang kini umum dipakai di ponsel-ponsel modern. Browser mobile, misalnya, pertama kali diusung oleh Nokia 7110. Nokia 5510 memperkenalkan pemutar musik di ponsel, sementara Nokia 6310 membawa teknologi koneksi Bluetooth.

Nokia juga memiliki peranan penting dalam perkembangan game di ponsel. Masih ingat dengan permainan Snake yang sangat populer itu?

Meski telah ada sejak tahun 70-an, Snake baru benar-benar meledak setelah Nokia memaketkan permainan sederhana tersebut sebagai fitur standar di produk-produk buatannya, mulai dengan 6110 pada 1997.
Nokia N95
5. Smartphone. Ponsel dengan fungsi dasar atau feature phone adalah produk andalan Nokia selama satu dekade terakhir, tapi bukan berarti perusahaan ini tidak memiliki jajaran ponsel pintar alias smartphone.

Bahkan, dengan sistem operasi Symbian, Nokia boleh dikatakan merupakan salah satu pelopor smartphone yang berani menggunakan OS pihak ketiga dan mempu menjalankan aplikasi-aplikasi.

Model-model smartphone Symbian Nokia termasuk dari seri E dan seri N, berpuncak pada N95 yang diperkenalkan pada 2007. Sayang, model-model smartphone Nokia tak terlalu populer.

Pada tahun yang sama dengan kemunculan N95, Apple meluncurkan sebuah handset yang bakal mengubah dunia ponsel selamanya. Setahun setelah itu, Google terjun dengan sistem operasi Android.

Nokia dan Symbian pun tak bisa bertahan. Kemudian, setelah itu datanglah Microsoft yang menawarkan "bantuan" dan kini berubah menjadi pemilik Nokia.

Sebelum diakuisisi, Nokia sempat menelurkan sejumlah model ponsel Windows Phone seperti Lumia 925 dan 1020. Apa inovasi berikutnya yang akan diperkenalkan Nokia di masa depan? Kelanjutan cerita perusahaan ini akan menarik untuk diperhatikan.

Source : Kompas.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter