Monday, September 09, 2013

Sengoku IXA, Game Jepang Untuk Orang Sibuk

sengokuixa.co.id - Sengoku IXA 
Bekerjasama dengan Square-Enix, studio game asal Bandung, Agate, merilis game strategi berbasis web Sengoku IXA. Game online berbasis HTML5 ini sudah bisa dimainkan mulai tanggal 21 Agustus lalu di situs remi Sengoku IXA.

Karena dimainkan lewat web browser, game strategi dengan tema sejarah Jepang ini bisa diakses dengan leluasa melalui peramban internet, baik di komputer desktop maupun gadget mobile.

Pihak Agate melalui Product Manager Lee Marvin menyatakan bahwa Sengoku IXA ditujukan bagi para pemain game yang "sibuk".

"Sasarannya adalah para gamer yang tidak punya banyak waktu tapi tetap ingin bermain game. Sengoku IXA bisa dimainkan dalam waktu 5 menit saja," ujar Marvin dalam jumpa pers Sengoku IXA di Jakarta, Sabtu (7/9/2013) kemarin.

Di dalam Sengoku IXA, para pemain membangun kota secara perlahan, lalu membentuk pasukan dan mengatur strategi milier dengan perlahan pula. Tiap aksi seperti memerintahkan pembangunan struktur satu melatih tentara membutuhkan waktu tunggu tertentu, mirip dengan mekanisme game Farmville di Facebook.
Adanya waktu tunggu itu menyebabkan tempo permainan berjalan dengan pelan, tapi juga fleksibel karena game tak harus dipantau terus menerus. Pemain bisa memerintahkan aksi-aksi tertentu lalu meninggalkan game  dan melihat hasilnya beberapa waktu kemudian.

Untuk mempercepat "waktu tempuh" masing-masing aksi, pemain bisa memanfaatkan fitur "premium" yang disediakan Agate. Di sinilah salah satu letak sumber pendapatan game free-to-play ini. Cara lainnya adalah dengan menawarkan item khusus seperti "jenderal" kelas atas yang bisa membantu pemain memenangkan peperangan dengan lebih mudah.

Sengoku IXA mengusung tema sejarah jepang pada masa Sengoku. Di waktu tersebut, peperangan antar wilayah yang dipimpin oleh para warlord berkobar di seantero Jepang. Tokoh-tokoh historis seperti Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa Ieyasu turut ditampilkan dalam game.

Mungkin lantaran itu, Project Lead Square Enix South East Asia Hayato Sawada menyebut Sengoku IXA sebagai salah satu game online terlaris di Jepang dengan jumlah pemain mencapai 1,1 juta. "Pemainnya di Jepang kebanyakan adalah pekerja kantoran yang bermain di jam makan siang. Setelah itu, mereka kembali lagi bekerja," katanya.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter