Sunday, February 27, 2011

Toko Penyedia Aplikasi Ponsel

PONSEL cerdas zaman sekarang sangat bergantung pada ketersedian aplikasi. Ketersedian aplikasi memungkinkan pengguna mengeksplorasi atau pun memaksimalkan ponselnya. Nah, salah satu sumber aplikasi yang bisa diandalkan adalah layanan application store atau toko aplikasi.

Toko aplikasi biasanya menyediakan ribuan aplikasi, baik yang gratis maupun berbayar. Lewat toko aplikasi, pengguna bisa memilih aplikasi yang sesuai lalu mengunduhnya. Menariknya, memilih aplikasi ini langsung melalui perangkat ponsel yang digunakan.

Setidaknya untuk saat ini sudah terdapat banyak toko aplikasi yang dikembangkan raksasa ponsel dunia. Ada iTunes Store milik Apple, Blackberry punya App World, dan Ovi Store yang menyuplai kebutuhan aplikasi ponsel Nokia. Yang menarik, konten di toko aplikasi ini tidak hanya dibuat oleh, tapi juga melibatkan ratusan ribu hingga jutaan pengusaha warehouse atau content provider.

Apple Application Store
Pada 2003, perusahaan komputer Apple Macintosh mendirikan iTunes Store yang khusus menjual musik. Ketika perusahaan ini membuat iPhone dan iPod Touch beberapa tahun silam, iTunes dilengkapi application store yang menjual aplikasi yang kompatibel untuk iPhone dan iPod Touch.

Tersedia beragam aplikasi baik yang cuma-cuma maupun yang berbayar. Apple menawarkan aplikasi berdasarkan beberapa kriteria, seperti game, berita, gaya hidup, buku, musik, fotografi, travel, entertainment, perlengkapan, cuaca, olahraga, maupun pendidikan.

Harga yang ditawarkan iTunes Store tak terlalu mahal. Aplikasi paling murah dijual sekitar 0,99 dollar AS atau sekitar Rp 9.000. Sampai sekarang lebih dari 85.000 aplikasi dijual. Aplikasi-aplikasi itu telah diunduh lebih dari dua juta kali. Sukses Apple kemudian menginspirasi banyak vendor membuat toko aplikasi.

Aplikasi di application store bisa diunduh bisa langsung dari iPhone atau iPod Touch maupun PC. Syaratnya, peranti itu harus terkoneksi internet. Khusus komputer harus diinstal terlebih dahulu. Oh ya, pengguna juga harus punya akun iTunes Store. Cara membuatnya tak begitu sulit, kok.

Blackberry App World
BlackBerry App World toko aplikasi bikinan Research In Motion (RIM), produsen BlackBerry asal Kanada. Layanan ini menyediakan bermacam aplikasi yang diperuntukkan buat perangkat BlackBerry. Misalnya game, jejaring sosial, hiburan, dan jenis aplikasi lain baik berbayar maupun yang disediakan cuma-cuma.

Hampir semua aplikasi yang tersedia di App World bikinan pihak ketiga yang memanfaatkan API (application programming interface) BlackBerry.

Ketika masuk ke BlackBerry App World via perangkat BlackBerry, akan secara otomatis ditampilkan katalog aplikasi yang sesuai tipe BlackBerry yang digunakan. Selanjutnya, pengguna dapat mengunduh aplikasi yang dibutuhkan, baik melalui jaringan akses data seluler maupun Wi-Fi. Untuk aplikasi berbayar ditawarkan mulai dari 2,99 dollar AS (sekitar Rp 29 ribu) hingga 6,99 dollar AS (Rp 69 ribu) sekali unduh.

Aplikasi yang paling banyak diunduh adalah BlackBerry Messenger, aplikasi pesan instan, dan aplikasi jejaring sosial.

Nokia Ovi Store
Meski sejak dulu merajai penjualan ponsel dunia, untuk urusan toko aplikasi Nokia kalah jauh dari pesaingnya. Maklum, baru tahun lalu Nokia membuat toko aplikasi. Tapi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali toh. Mengejar ketertinggalan, Nokia menghadirkan toko aplikasi Ovi Store.

Langkah pertama, Ovi menyediakan 20.000 jenis aplikasi. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah toko baru.

Di Ovi Store ini, tersedia serangkaian aplikasi untuk game, ringtone, video, dan musik untuk N-Gage. Untuk mengunduh aplikasi dari toko ini, kunjungi https://store.ovi.com dari ponsel atau pun dari komputer personal.

(bin/gur)
Sumber Postingan : TabloidBintang.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter