Wednesday, February 23, 2011

Watson, Mesin IBM Penakluk Manusia

Pertandingan manusia melawan manusia, atau mesin melawan mesin, sudah menjadi hal yang biasa. Bagaimana jika mesin melawan manusia dan pemenangnya adalah mesin?

"Watson", sistem komputasi debutan IBM telah membuktikannya. Pada 14-16 Februari 2011 lalu, Watson bertanding di acara kuis terpopuler di AS, Jeopardy! Di sana Watson melawan dua kontestan paling sukses dan populer, Ken Jennings dan Brad Rutter.

Watson, diambil dari nama pendiri IBM, Thomas J. Watson. Sistem komputasi ini dibangun oleh tim ilmuwan IBM yang bertekad untuk mencapai sesuatu yang sangat luar biasa. Watson dirancang untuk dapat menandingi kemampuan manusia menjawab pertanyaan yang diajukan dalam bahasa alami dengan cepat, tepat dan meyakinkan.

Format Jeopardy! menawarkan tantangan yang sesungguhnya karena petunjuk dalam permainan ini mengharuskan pesertanya untuk mengartikan apa yang tersirat, berbagai ironi, teka-teki dan petunjuk-petunjuk rumit lainnya. Semua ini merupakan keunggulan manusia jika dibandingkan komputer-komputer tradisional.

Penantang Watson, Ken Jennings sudah pernah memecahkan rekor Jeopardy! dengan mengikuti paling banyak permainan berturut-turut dan memenangkan 74 permainan berturut-turut (periode 2004-2005). Sedangkan Brad Rutter memecahkan rekor jumlah hadiah yang diperoleh seorang pemain Jeopardy!, dengan total hadiah $3.255.102.

Sebelumnya, Rutter dan Jennings akan menyumbangkan 50 persen dari hadiah yang mereka menangkan untuk amal dan IBM akan menyumbangkan seluruh hadiah yang dimenangkannya untuk amal.

Pada akhir pertandingan, Watson-lah yang keluar sebagai pemenang utama dan berhak atas US$ 77.147. Ken Jennings di tempat kedua dengan US$ 24.000, sedangkan Brad Rutter sebagai pemenang ketiga dengan meraih US$ 21.600.

“Selama empat tahun, tim ilmuwan kami mengembangkan Watson agar siap menghadapi tantangan ini dengan kemampuannya untuk secara cepat mengerti petunjuk yang diberikan dalam Jeopardy!, menganalisa informasi yang dapat diaksesnya, menemukan jawaban yang tepat, dan menjawab pertanyaan dengan penuh keyakinan,” jelas Dr. David Ferrucci (ilmuwan yang memimpin Tim Riset IBM yang menciptakan Watson).

Seperti Apa Watson?

Watson menjadi terobosan baru di bidang ilmu pengetahuan yang memiliki kemampuan Bertanya dan Menjawab, atau yang sering disebut “QA”.

Piranti lunak Watson dimotori oleh server IBM POWER7 yang dioptimalkan untuk menangani berbagai pekerjaan sekaligus. Di sini, dengan kecepatan tingginya, Watson akan menganalisa bahasa yang rumit dan memberikan jawaban yang tepat atas petunjuk-petunjuk Jeopardy!.

Sistem ini terdiri dari berbagai teknologi tertutup (proprietary) yang menangani perintah memproses data dan pekerjaan secara bersamaan, di samping menganalisa informasi secara real-time.

Source : Info Komputer

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter