Saturday, April 21, 2012

Amankan Data Pribadi Dengan 3 Jurus Simpel


Metrotvnews.com, Jakarta: Anda sering berbagi informasi pribadi di jagat maya tanpa disadari. Baik itu di Facebook, Twitter, email, atau saat chatting. Padahal, banyak pihak yang memanfaatkan data pribadi orang lain, bahkan untuk tindak kriminal. Bagaimana agar data-data pribadi bisa aman? Berikut tiga tips yang bisa Anda lakukan.

1. Jangan Berikan Terlalu Banyak Informasi

Anda tidak bisa sama sekali tidak memberi data pribadi, apalagi saat mendaftar ke suatu layanan. Hanya setidaknya Anda bisa meminimalisasi sebisa mungkin. Anda wajib waspada kepada siapa data itu diberikan. Pada forum publik, usahakan berikan alamat email yang tidak terlalu sering Anda pakai, dan memang khusus untuk konsumsi umum. Jangan pakai email kantor untuk konsumsi publik. Pakai username yang tidak terlalu mewakili identitas aslimu, agar tdak segera dikenali siapa dirimu di keseharian.

2. Baca Aturan Mainnya

Ketika mengunjungi suatu situs, seringkali Anda langsung aktif di dalamnya, melakukan registrasi, mengunggah foto, serta data pribadi lain. Padahal, ada aturan main atau disclaimer yang tercantum di situs itu, walau dalam font kecil atau didisplai di tempat yang tidak terlalu menyolok.

Sebaiknya baca dulu sebelum Anda telanjur mengunggah banyak data pribadi. Ada banyak situs yang memang sudah menyatakan bahwa semua data yang diunggah user akan dibagikan ke pihak lain. Jadi jangan kaget kalau foto Anda mendadak saja muncul atau disalahgunakan pihak lain, sebab memang aturan mainnya begitu.

3. Lacak Datamu

Kemana larinya data Anda setelah diunggah ke dunia maya? Gampang, pakai saja Google buat melacak data. Bukan tak mungkin tiba-tiba foto atau nomor ponsel Anda tertera di situs lain tanpa sepengetahuan Anda. Jika itu terjadi, dan memang tidak ada disclaimer pada situs itu bahwa mereka berhak menyebarkan data Anda, Anda bisa ajukan komplain agar mereka menghapus data itu.

Dengan tiga tips sederhana di atas, semoga penyalahgunaan data pribadi Anda di dunia maya bisa ditekan. Segera lakukan ya. (bbc/internetsehat/DOR)

Source : MetroTVNews.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter