Wednesday, April 04, 2012

Google Art Project Gandeng Museum Nasional Indonesia


Ghiboo.com - Google hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan Museum Nasional Indonesia terkait dengan Art Project, yang nantinya akan mengangkat koleksi seni dan budaya yang bersejarah agar dapat dikenal oleh seluruh dunia dengan sekali klik saja.Art Project sendiri merupakan aplikasi web berbasis Java dimana pengguna bisa mengakses konten digital dari berbagai macam peninggalan kebudayaan yang ada di seluruh dunia.

"Google Art Project mempermudahkan pengguna mencari referensi tentang seni dan budaya baik lokal maupun dunia. Kita bisa bangga karena budaya Indonesia bisa dilihat seluruh dunia," ujar Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia dalam acara temu pers di Jakarta.

Ada dua area utama dalam situs Google Art, yang pertama adalah "Museum View" yang menampilkan seluk beluk museum dengan menggunakan Street View Technology. Selain itu, ada "Microscope View" yang memungkinkan pengguna melihat foto dan lukisan dengan resolusi tinggi dan bisa di-zoom sedetail mungkin.

"Museum Nasional Indonesia terus berusaha untuk menyelamatkan dan melestarikan warisan budaya, benda-benda bersejarah dan karya-karya seni. Melalui kerjasama dengan Google Art Project ini, kami berharap agar upaya pelestarian peninggalan bersejarah Indonesia dapat lebih kuat," papar Direktur Museum Nasional Indonesia, Drs. Gatot Ghautama.

Koleksi Museum Nasional yang telah diunggah ke Google Art Project saat ini baru sekitar 100 buah dari total lebih dari 140 ribu koleksi.

Hingga sekarang, Google telah menggandeng 151 institusi budaya dari 40 negara di dunia untuk menyempurnakan Art Project. Pengguna bisa melakukan tur virtualnya mulai dari Gedung Putih di Amerika Serikat, Museum Islamic Art di Qatar, hingga akhirnya berujung di Museum Nasional.

Source : Yahoo! Indonesia

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter