Friday, April 13, 2012

Cara Menggunakan Social Media Pinterest

Sudah pernah dengar Pinterest? Kelihatannya seperti Bahasa Indonesia karena ada kata "pinter" dan akhiran seperti English "est" nya, tapi ini bukan. Pinterest adalah website sosial media yang mempunyai konsep unik dengan sharing media foto atau gambar berupa Pinboard. Jadi bagaimana cara menggunakan Pinterest?

Keunikan Pinterest terletak dari visual dari pin gambar yang menarik perhatian orang untuk melihat pin tersebut. Kita harus membuat Pinboard terlebih dahulu tentang kategori/tema pin apa yang akan Pinning di Pinterest. Pin bisa di Upload atau bisa dari link blog atau website kita, tergantung mau gambar mana yang akan kita tambahkan, dan Pinterest akan membagikan dan menampilkan kepada pinners yang lain sesuidengan kesamaan Pinboard. Pinterest berbeda dengan sosial media lainnya, bukan seperti sosial media yang lain seperti Twitter,Facebook, LinkedIn atau Klout yang mengukur pengaruh anda di jejaring sosial.

Untuk yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Pinterest, ada beberapa istilah di Pinterest untuk kita ketahui seperti :

Pin : Sebuah gambar yang kita lekatkan pada Pinboard Pinterest
Pinning: Upaya untuk melekatkan sebuah gambar pada papan Pinterest
Pinner : Orang yang melakukan Pin atau Repin
Pin It Button : Tombol Pin yang bisa kita letakkan dalam blog/website
Repin : Upaya memposting ulang sebuah Pin dari pengguna Pinterest lain
Board : Serangkaian Pin yang kita tata berdasarkan kesamaan tema atau kategori
Follow : Tindakan untuk mengikuti perkembangan isi suatu board dari seorang pengguna Pinterest
Commenting, Like ; ini pasti sudah tau fungsinya.

Dan adapun Misi dari Pinterest adalah :

"Connect everyone in the world through the 'things' they find interesting."


Jadi sudah sedikit jelaskan tentang Pinterest. Mengenai sejarah Pinterest, sosial media ini sudah berdiri sejak tahun 2009, namun masih versi Beta. Pinterest berhasil meraup pengunjung dengan 11 juta pengunjung setiap minggunya, angka yang fantastis untuk jejaring sosial yang masih berumur jagung ini. Dari hasil data ini Pinterest masuk kedalam 10 Besar Jejaring Sosial versi Hitwise.

Mengenai cara mendaftar untuk memiliki akun di Pinterest adalah masih menggunakan Invitation,Untuk bisa menggunakan Pinterest, anda harus mendapatkan Invitation dari teman atau meminta Request Invitation langsung ke website Pinterest untuk mendapatkan undangan bergabung. Sekarang, proses pendaftaran mewajibkan setiap pengguna untuk menghubungkan akun Pinterest dengan akun Facebook atau akun Twitter.



Apa keuntungan Pinterest buat Blogger? keuntungannya sangat banyak, kita bisa berbagi apasaja, promosi affiliasi kita dengan image atau mempromosikan blog kita dengan pinning website kita, semakin banyak follower kita maka semakin banyak orang yang akan melihat pinboard kita. Misanya kita Dagang Pakaian Online, kita tinggal membuat Pinboard Pakaian atau 'Cool Clothes' dan pin nya kita masukkin gambar melalui link website kita dengan model pakaian yang menarik untuk dilihat. Simple kan? Karena pengguna Pinterest dihadapkan pada Gambar atau foto bukan tulisan-tulisan yang sedikit membosankan.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter