Saturday, April 28, 2012

Wow! Siswa SMK Jakarta Bisa Membuat Pesawat 'Jabiru'

Jakarta Ada yang unik dalam peringatan hari pendidikan nasional provinsi DKI Jakarta pagi tadi. Sebuah pesawat kecil terparkir di antara kerumunan 30.000 pelajar Jakarta.

"Ini awalnya sekitar 3 tahun lalu, jadi kita menginginkan di penerbangan ada pesawat yang bisa terbang. Kemudian kita kembangkan ide pesawat hasil anak negeri," kata salah satu pengajar SMKN 29 Jakarta, Asep Gunawan kepada detikcom di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4/2012).

Ya, sebuah pesawat dengan rentang sayap 8 meter dan berkapasitas 4 orang, karya pelajar SMK. Pesawat berjenis pitchwing ini diberi nama 'Jabiru' dan mampu terbang dengan kecepatan 200-250km/jam.

"Dari nama burung di Australia, karena bahannya dari Australia. Kecepatan maksimum sekitar 200-250 km/jam, rentang sayap 8 meter, 150hp," terang Agus.

Bahan yang digunakan oleh Jabiru masih diimpor dari Australia dan dikerjakan selama 4 bulan. Agus mengaku pengerjaan pesawat berkapasitas mesin 3000 cc ini seratus persen dilakukan oleh siswa SMKN 29 Jakarta.

"Bahan-bahan dari Australia mentahnya. Sekitar september 2011 mulai merakit, yang mengerjakan seratus persen anak-anak SMKN 29 di bawah bimbingan guru dengan ahli dari Farsi, Federasi Air Sport Indonesia. Setelah itu ini (Jabiru) rampung 4 bulan," jelas Agus.

Pengerjaan Jabiru mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 1 miliar, dan direncanakan akan dijual dengan kisaran Rp 1,5 miliar per unit. SMKN 29 yakin pesawat karya siswa mereka bisa segera mendapatkan sertifikasi karena telah diujicoba mampu terbang.

"3 minggu lalu kita uji coba terbangkan. Untuk sertifikasi bisa 1 tahun, cuma kemarin kita melakukan pendekatan. Kita yakin pesawat yang kita buat bisa terbang," yakin Agus.

Jabiru dengan mesin 6 silinder ini diklaim mampu terbang dengan bobot maksimal 700 kg dan bisa dibandingkan dengan pesawat Cessna, Bravo, serta Gelatik. Uang hasil penjualan pesawat ini dikatakan untuk dana pengembangan lebih lanjut.

Di tempat yang sama, salah satu siswa SMKN 29 Jakarta mengaku bangga dengan hasil karyanya. Tampak dari wajah siswa yang bernama Harun tersebut tersenyum melihat tanda tangan Gubernur DKI Jakarta yang menuliskan 'Bangga Jakarta' di kap mesin pesawat tersebut.

"Seneng banget, lagipula ini produk pertama kita jadi cukup banggalah. Harapannya ke depan bisa bikin lagi dan adik kelas kita bisa merasakan merakit pesawat ini," kata Harun.

Source : Detik News

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter