Monday, May 21, 2012

10 Aplikasi iPad Gratis yang Wajib Dimiliki

Cukup banyak aplikasi gratis yang tersedia untuk iPad. Namun dari ribuan aplikasi tersebut, tidak banyak yang benar-benar berkualitas. Kami sajikan 10 aplikasi iPad gratis yang wajib dimiliki, di luar game. Sebagian aplikasi ini hanya tersedia eksklusif untuk perangkat iOS dan sebagian juga dapat ditemukan di platform lain seperti Android.

Flipboard

Flipboard
Membaca berita dengan RSS reader memang praktis, tapi membosankan. Flipboard hadir dalam bentuk majalah digital yang cantik – yang dapat menampilkan RSS feed dari Google Reader, serta update dari Twitter dan Facebook.

Bahkan juga ada kumpulan channel mengenai berbagai topik yang direkomendasikan tim Flipboard. Asyiknya lagi, aplikasi ini bisa didapatkan gratis dari App Store. Untuk saat ini, Flipboard hanya tersedia untuk perangkat iOS seperti iPod Touch, iPhone dan iPad.

iBooks
Salah satu kegunaan komputer tablet adalah sebagai perangkat pembaca buku digital. Aplikasi pembaca buku gratis dari Apple, iBooks, kini telah mendukung tampilan format PDF dan Textbook yang pada intinya mampu menggantikan belasan buku teks belajar yang berat itu dengan iPad.

Solusi buku pelajaran di iPad ini diklaim lebih baik (walaupun tentunya pelajar harus memiliki iPad) karena selain lebih ringan dan praktis, tingkat interaksi yang ditawarkan juga jauh lebih baik. Dengan Textbook di iPad, pelajar dapat menonton video, melihat gambar serta meringkas dengan lebih cepat sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik.

Apple cukup serius dengan fitur ini dan memberikan aplikasi iBooks Author secara gratis bagi Anda yang ingin membuat buku pelajaran sendiri. Sayangnya iBooks Author hanya tersedia untuk komputer berbasis Mac OS.

Calculator++
Walaupun canggih dan telah dilengkapi berbagai aplikasi berguna, ternyata iPad belum dilengkapi aplikasi kalkulator sebagai standarnya. Untung di App Store cukup banyak bertebaran aplikasi kalkulator yang bisa diunduh gratis. Salah satunya adalah Calculator++. Biarpun gratis, ternyata fungsinya cukup lengkap dan dapat menggantikan kalkulator scientific yang harganya cukup mahal. Calculator++ telah mendukung semua perhitungan aritmatika, fungsi trigonometri, akar, exponential, logaritma dan masih banyak lagi.

iTunes U
iTunes
Aplikasi yang satu ini juga tidak ditemukan di platform Android. ITunes U merupakan aplikasi untuk mendistribusikan pelajaran kuliah langsung ke iPod Touch, iPhone dan iPad. Dan yang terpenting, penggunanya tidak dikenakan biaya.

Bahan kuliah yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari ilmu bisnis dan astronomi sampai ketrampilan menggunakan pisau untuk memasak. Menurut catatan, sudah ada lebih dari 500 ribu video, buku dan bahan kuliah lainnya yang ada di iTunes U. Sumber kuliah ini juga tidak berasal dari universitas sembarangan, tapi dari universitas terkenal seperti Yale, Stanford, Oxford dan sebagainya.

Aplikasi ini juga memberi kemudahan saat Anda ingin mencatat, melihat daftar materi secara lengkap serta melihat daftar tugas yang diberikan. Pendek kata, Anda seperti kuliah jarak jauh tapi tanpa biaya (kecuali biaya Internet dan iPad tentunya). Aplikasi ini juga dapat diunduh gratis dari App Store.

Google Translate
Terbayang saat dulu belajar bahasa asing? Kita harus membuka kamus yang tebal dan hurufnya kecil hanya untuk mencari arti satu kata. Selain repot, aktivitas tersebut juga menyita waktu yang cukup banyak. Nah, dengan Google Translate, Anda seperti membawa penerjemah pribadi. Aplikasi ini cukup berguna karena dapat menyingkat waktu ketimbang harus masuk ke browser dan mengakses situs http://translate.google.com.

Evernote
Mencatat merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan hampir semua orang setiap hari, mulai dari nomor, nama, alamat atau informasi lainnya. Sayangnya, entah karena kecerobohan atau faktor lain, seringkali catatan yang sudah susah payah dibuat tersebut hilang. Dengan Evernote, hal itu dapat dihindarkan. Selain dapat mencatat dalam bentuk teks, Anda juga dapat menjadikan gambar dan suara sebagai catatan dengan Evernote.

Jika Anda mengunduh aplikasi Evernote di PC atau Mac, semua catatan Anda akan dapat disinkronisasikan dengan mudah sehingga tidak ada yang hilang.

Berbagi catatan juga lebih mudah, dengan adanya dukungan email, Twitter dan Facebook. Kegunaannya di kehidupan nyata juga cukup bervariasi, mulai sebagai daftar belanja, dokumentasi nota, menyimpan resep, pengganti catatan saat kuliah sampai sebagai tempat menuangkan ide saat berjalan. Tersedia gratis di App Store. Juga tersedia versi Android, BlackBerry, Mac dan PC.

Pixlr-o-matic
Pxlr-o-matic
Mempercantik foto menggunakan aplikasi penyunting foto seperti Photoshop membutuhkan waktu dan keterampilan yang cukup menantang. Dengan Pixlr-o-matic, proses mengedit foto dapat dilakukan lebih mudah dan menyenangkan. Anda dapat menambahkan bingkai, efek cahaya serta mengatur tone sebuah gambar. Sesudah selesai, tersedia pilihan untuk membagikannya melalui Flickr, Facebook, email dan sebagainya.

Paper by 53

Aplikasi sketsa ternyata tidak disediakan dalam deretan aplikasi bawaan iPad. Untungnya ada Paper, hasil kreasi 53 yang didirikan oleh mantan pegawai Microsoft yang termasuk dalam tim pengembang Microsoft Surface. Paper patut diacungi jempol atas akurasi dan kesederhanaan user interface yang dimilikinya. Untuk versi gratisnya, Anda hanya mendapatkan satu kuas. Jika ingin mendapatkan kuas lain, Anda bisa membelinya di dalam aplikasi.

Dengan Paper, Anda juga dapat menulis tangan walaupun kuas bawaannya agak kurang menunjang aktivitas tersebut.

Wunderlist
Membuat daftar kegiatan merupakan salah satu ciri orang yang rapi. Jika sebelumnya Anda masih menggunakan pena dan buku catatan kecil, tidak ada salahnya jika Anda mencoba aplikasi yang satu ini. Wunderlist memberikan banyak kemudahan untuk memantau deretan tugas atau kegiatan, membagi daftar ke teman atau tim kerja serta melakukan sinkronisasi dengan perangkat lain seperti Mac, PC atau perangkat berbasis Android.

Anda dapat menentukan prioritas setiap tugas, mengganti gambar latar aplikasi sesuai keinginan serta menyetel alarm untuk mengingatkan Anda. Intinya, hidup Anda akan lebih rapi dengan aplikasi gratis ini.

Kamus Besar Bahasa Indonesia
KBBI
Aplikasi ini mengambil sumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia online yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Dengan kamus versi digital ini, Anda dapat mencari padanan kata dengan lebih cepat di mana pun.

Bahkan yang menarik, Anda tidak perlu terhubung ke Internet untuk menggunakannya. Ini sangat membantu jika Anda memiliki iPad versi Wi-Fi atau saat sedang pergi ke daerah yang memiliki sinyal jelek.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter