Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Tuesday, May 29, 2012

Mengenang MTV Indonesia

Setiap genre memiliki penikmat setianya. Setiap acara musik, jarang sepi penonton, baik itu secara live maupun tayang di televisi di negeri ini. Karena itulah, kini banyak acara musik yang membanjiri televisi. Salah satu yang pernah begitu melekat di kalangan kaum muda, sebut saja Music Television (MTV).

MTV Indonesia merupakan bagian dari MTV Asia yang tayang di salah satu televisi swasta pada Januari 1993, lalu pada tahun 2002 dipindah ke stasiun lain. Awal tahun 2012, MTV sudah dihentikan tayangnya. "Hei, anak nongkrong MTV", dulu, sapaan ini begitu akrab di telinga anak muda di Indonesia selama satu dekade.

Seiring berjalannya waktu, gaung MTV sudah tak terlalu kentara. Banyak yang mengatakan karena performa Video Jockey (VJ), program acara hingga berubahnya jam tayang. Beberapa remaja tentunya tak pernah lupa dengan Sarah Sechan dan Shanty yang membawakan acara MTV Land, MTV Rumah Gue, dan MTV Getar Cinta yang dibawakan oleh Cathy Sharon.

Belum lagi nama-nama, seperti Alex Abad, Jamie Aditya, Dewi Rezer, Nadya Hutagalung, dan Nirina Zubir. Pada era tersebut, MTV mulai merangkak dan sukses menjadi tontonan wajib anak muda. Era selanjutnya juga tak mengecewakan, seperti munculnya Daniel Mananta, Mike Muliardo, Ben Kasyafani, Rianti Cartwright, Cathy Sharon, dan Marissa Nasution. Setelah itu, VJ yang lahir dari MTV VJ Hunt mulai tak dihapal orang namanya.

Banyak remaja era Sarah Sechan kala itu yang kini berkisah dulunya sering ingin pulang sekolah cepat-cepat hanya agar tak ketinggalan menonton MTV karena memang musik yang disuguhkan tidak kacangan, mulai dari mancanegara hingga karya lokal.

Beragam program mendapat tempat istimewa di hati pemirsa, seperti MTV Ampuh, MTV Most Wanted, MTV What's Up, MTV Gokil, MTV Ajang Ajeng, MTV Wow, MTV Nongkrong Bareng, dan lainnya. Kini rindu para penggemarmusik kepada MTV lebih kepada menginginkan tayangan yang tidak seragam, seperti acara musik yang merambah di stasiun TV saat ini.

Tak ada yang selalu prima dalam kualitas, tak ada yang selamanya konstan dalam eksistensi. Naik turunnya popularitas, pudar mengilapnya sebuah performa adalah suatu hal yang wajar dan biasa dalam dinamika kehidupan, apalagi industri. "The truth about forever is that it is happening right now" -Sarah Dessen penulis buku The Truth About Forever.

Daniel Mananta

Pemenang MTV VJ Hunt 2003, Daniel Mananta, atau yang lebih dikenal dengan nama VJ Daniel ini rupanya juga kecewa dengan tak ditayangkan lagi program MTV di Indonesia. "MTV mulai berubah sejak tahun 2007, itu lebih karena perombakan dari pihak-pihak dalam yang ada di industri. Ya, karena diisi merekamereka yang cuma peduli sama bisnis, bukan memusatkan pada musik lagi. Ketika berubah itu, masyarakat juga bisa pada nilai, yah, kok MTV jadi gini sekarang," kata pria berlesung pipit tersebut.

VJ Daniel mengaku sangat senang ketika bisa menang MTV VJ Hunt. Menurutnya, kerja di MTV itu seperti bekerja dengan keluarga. Walaupun beraneka umur yang ada di sana, menurut VJ Daniel, semua kru berjiwa muda.

Ketika ditanya adakah kerinduan untuk membawa kembali kejayaan MTV di masanya dulu, pria kelahiran Jakarta, 30 tahun lalu itu dengan mantap menjawabnya, "Saya ingin sekali, bahkan seneng banget kalo memang ada pihak-pihak yang masih peduli dan ingin membangun MTV lagi.

Bahkan, saya bersedia menjadi project manager-nya karena saya kan juga kenal dengan orang-orang dari MTV Asia. Jadi, kalau nantinya memang ada yang sepikiran dengan saya, saya senang banget kalau bisa membangun MTV Indonesia lagi." arm/R-4

I Need My MTV Back!

Kata-kata ini bergulir di dunia maya. Banyak yang mem-posting blog yang mengutarakan kerinduannya kepada MTV dengan tayangan musik berkualitas. Bahkan, sempat ada yang membuat fan page di Facebook "Dukung MTV Indonesia tayang 24 jam lagi!".

Ya, sejak akhir 2006, MTV yang tadinya tayang 24 jam mulai semakin berkurang dan terus-menerus sedikit karena tergilas dengan program-program lain yang disajikan pihak stasiun televisi. MTV tak bisa tayang dengan stasiun sendiri karena pemerintah mempunyai aturan khusus tentang hak siar program tv. Siaran tv asing harus dikelola bersama tv lokal/nasional, seperti yang kita ketahui bahwa MTV merupakan stasiun tv asing merk Amerika.

Oleh karena itu, MTV harus membonceng dengan stasiun tv lokal. Sayangnya, ketika kontrak dengan tv lokal habis dan belum ada yang mencapai kesepakatan kontrak baru, secara otomatis MTV tidak bisa tayang di Indonesia. Jika dulu MTV sengaja digunakan untuk mendongkrak rating, kini saat stasiun tv telah memiliki program sendiri.

Jatah siar MTV dikurangi dan bahkan sekarang dihilangkan. Lihat saja kronologisnya, pada akhir 2004, program MTV yang dulu disiarkan selama 24 jam, lalu dikurangi jatahnya menjadi 12 jam karena stasiun tv tersebut sudah mulai memproduksi acara tv sendiri. Pada 2006, jatah pemutaran MTV semakin dikurangi dan hingga akhir 2011 diberi hak siar tengah malam saja.

Hingga akhirnya program ini dihentikan pada 1 Januari lalu. Salah satu penggemar MTV, Dedy Panendya, mengaku kecewa kini MTV tak lagi tayang. "Padahal, acara MTV lebih bermutu dibanding acara musik yang lain, tapi justru stasiun tv lebih memilih acara musik mereka yang tayang," ungkap alumnus Universitas Diponegoro tersebut. Ia berharap MTV bisa tayang lagi di Indonesia bahkan sudah dengan format High Definition (HD). Kini masyarakat yang ingin menyaksikan MTV hanya dapat menonton lewat TV berlangganan. Itu pun tak ada lagi MTV Indonesia, tapi MTV Asia yang berbasis di Singapura. arm/R-4

Acara

VJ Hunt

MTV VJ Hunt adalah ajang pencarian Video Jockey (VJ) atau pembawa acara MTV. Mulai aktif diadakan di tahun 2003 hingga 2011. Di luar negeri, ajang ini tidak serutin seperti yang dilakukan Indonesia setiap tahunnya. Sayangnya, walaupun tahun lalu MTV VJ Hunt masih digelar, sang VJ pemenang kini justru tak bisa tampil membawakan acara MTV karena kini tak lagi bisa tayang di Indonesia.

Ping

Pada Januari 2011, MTV Ping hadir dini hari setiap harinya. Menampilkan video-video klip dari dalam dan luar negeri. Acara ini dipandu oleh VJ Boy William. Boy William awalnya ialah host di MTV Staying Alive kemudian menjadi VJ tamu yang kemudian membawakan acara MTV Sation Camp, acara MTV AMPUH, dan MTV NEWS sebelum terpilihnya VJ Eliza.

Bujang

Acara MTV Bujang ini pernah menjadi idola remaja di sekitar tahun 2005 karena menampilkan duo kocak Desta dan Vincent. Acara ringan ini membahas seputar topik-topik hangat di kalangan anak muda beserta tips-tips yang dibawakan dengan penuh candaan.

Program ini kemudian terhenti karena permasalahan internal antara pembawa acara dengan pihak stasiun televisi yang menaunginya. Permasalahan muncul ketika Desta mengucapkan bahwa stasiun tv yang saat itu menayangkan MTV adalah tv nothing. Alhasil, kata-kata tersebut menyinggung pihak stasiun tv.

Insomnia

Ketika MTV Bujang dihentikan, banyak anak muda yang ingin tayangan serupa. Karena itu, mulailah muncul yang bisa dikatakan sebagai penggantinya, yakni MTV Insomnia. Acara ini tayang perdana 23 Maret 2009 dan diformat dengan setting kamar yang berantakan dengan dua pembawa acara kocak, Adit dan Surya. Yang khas dalam acara ini ialah penggantian sebutan video klip menjadi musik bergambar.

Selain itu, ada telepon interaktif dengan penonton yang biasanya berisi curhatan yang kemudian diberi saran sekenanya. Sesuai namanya, acara ini diperuntukkan untuk menghibur mereka yang sulit tidur di malam hari. Jadi, ditayangkan pukul 01.00 hingga 04.00 pagi dini hari. Meski acara ini mengobati kerinduan para pencinta MTV Bujang, banyak juga yang menganggap mereka masih kalah lucu jika dibanding Vincent dan Desta.

Indonesia Movie Awards

MTV Indonesia Movie Awards adalah sebuah penghargaan film yang diselenggarakan MTV di Indonesia setiap tahunnya dan diadakan sejak tahun 2004. Acara ini merupakan ajang penghargaan film keempat MTV di dunia setelah acara award yang sama di Amerika Serikat, Rusia, Amerika Latin.

Selain kategori umum seperti Aktor Favorit dan Film Favorit, ajang ini juga memunyai kategori-kategori yang tak lazim dipertandingkan di penghargaan-penghargaan film mainstream, seperti Best Crying Scene (Adegan Tangisan Terbaik) atau Most Heart Melting Moment (Momen Paling Menyentuh Hati).

MTV Indonesia Music Awards juga diadakan sebagai ajang penghargaan bagi insan yang berkecimpung di dunia musik Indonesia. Agnes Monica merupakan salah satu penyanyi yang pernah terpilih menjadi MTV Artist of the Year tahun 2009. arm/R-4

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...