Wednesday, May 16, 2012

Seberapa Besar Pengaruh Hukuman Kartu?


Ada tujuh pemain yang bakal absen karena terkena hukuman kartu saat Bayern Muenchen menghadapi Chelsea di final Liga Champions pada 19 Mei 2012 nanti.

Kapten Chelsea John Terry diusir wasit saat bertanding melawan Barcelona karena menendang bokong Alexis Sanchez.

Selain Terry, pemain The Blues lain yang absen yaitu bek Branislav Ivanovic, gelandang Raul Meireles dan Ramires — yang mencetak gol indah di pertandingan itu — semuanya terkena akumulasi kartu kuning yang membuat mereka tidak bisa berlaga di Allianz Arena.

Sedangkan dari Bayern ada David Alaba, Holger Badstuber dan Luis Gustavo yang juga mesti merelakan partai final karena hukuman akumulasi kartu.

Lalu seperti apa pengaruh hukuman kartu merah atau akumulasi kartu kuning kepada jalannya sampai hasil akhir pertandingan final?

Berikut sejumlah contoh kasus absennya pemain penting di partai final karena hukuman kartu, seperti yang pernah dimuat di Yahoo! Eurosport:

Michael Ballack
Liga Champions 2002 dan Piala Dunia 2002

Bintang Jerman, mantan pemain Chelsea dan bintang Bayern Muenchen ini dua kali absen di pertandingan penting pada 2002 silam.

Ballack tidak bisa bermain di final Liga Champions saat Bayern Leverkusen, yang ketika itu dibelanya, melawan Real Madrid dan final Piala Dunia, Jerman melawan Brasil. Ballack absen di dua laga akbar itu hanya dalam hitungan minggu dan kesemuanya karena akumulasi kartu kuning.

Gelandang bertenaga itu hanya bisa menyaksikan Leverkusen kalah dari Real Madrid dengan skor 2-1 di Hampden Park dan Jerman tunduk 2-0 dari Brasil di Yokohama Stadium.

Alessandro Costacurta
Liga Champions 1994 dan Piala Dunia 1994


Sebagai bagian dari empat bek kokoh di AC Milan: Mauro Tasotti, Franco Baresi, Paolo Maldini dan Alessandro 'Billy' Costacurta' telah memenangkan tujuh gelar Serie A dan lima gelar Eropa. Pada 1994 lalu, Costacurta harus rela duduk di bangku cadangan di dua partai penting, final Liga Champions dan final Piala Dunia, karena akumulasi kartu kuning.

Ketika itu ia dilarang bermain di final Liga Champions saat Milan berhadapan dengan Barcelona. Untungnya Milan menang 4-0. Dua bulan kemudian nasib apes kembali menimpa Billy di Piala Dunia dan ia menyaksikan Italia kalah dari Brasil lewat adu penalti.

Roy Keane dan Paul Scholes
Liga Champions 1999

Setengah kekuatan dari lini tengah Manchester United melewatkan final Liga Champions 1999 karena akumulasi kartu kuning. Semifinal kedua melawan Juventus menjadi penyebab Roy Keane dan Paul Scholes hanya menjadi penonton.

Padahal Keane membantu kemenangan United lewat gol pembukanya dengan sundulan saat Setan Merah tertinggal 0-2 dan dua gol lainnya dibuat Dwight Yorke dan Andy Cole.

Meski United bermain tanpa Keane dan Scholes, mereka mampu menang 2-1 dengan dramatis dari Bayern Muenchen berkat dua gol Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solksjaer di tiga menit terakhir babak kedua.

Dani Alves dan Eric Abidal
Liga Champions 2009

Barcelona menang 2-0 saat bertemu Manchester United dalam final Liga Champions 2009 lewat sumbangan gol Samuel Eto'o dan Lionel Messi. Padahal bek Eric Abidal absen karena mendapat kartu merah di semi final kontroversial Barca melawan Chelsea, sementara Dani Alves mendapat akumulasi kartu kuning.

Darren Fletcher
Liga Champions 2009

Manchester United melaju ke final tanpa Darren Fletcher menyusul kartu merah untuknya ketika bertemu Arsenal di semi final leg kedua. Wasit Roberto Rosetti memberikan kartu merah kepada Fletcher untuk pelanggaran terhadap Cesc Fabregas. Padahal di tayangan ulang terlihat jelas bahwa Fletcher bersih menyepak bola. Protes pada UEFA tidak didengar dan Fletcher absen. Sir Alex Ferguson menyebutnya 'tragedi' dan Setan Merah kalah dari Barca di final

Andreas Moeller
Piala Eropa 1996

Andreas Moller diganjar kartu kuning saat melawan Inggris di semi final, yang membuatnya tidak bisa bermain di final. Bukannya larut dalam kesedihan, gelandang kreatif ini berhasil memasukan bola saat babak adu penalti dan melakukan selebrasi yang 'mengejek' Inggris.

Jerman pun menang di final setelah menumbangkan Republik Ceko 2-1.

Laurent Blanc
Piala Dunia 1998

Laurent Blanc boleh dibilang menjadi 'korban' drama Slaven Bilic saat berpura-pura kesakitan setelah melakukan kontak fisik dengan bek Perancis itu. Wasit Jose Maria Garcia-Aranda yang 'termakan' dengan akting Bilic akhirnya mengusir Blanc keluar lapangan. Untungnya Perancis menang 2-1 dari Kroasia di laga semi final yang panas itu.

Meski tanpa Blanc yang di lini belakang, Perancis secara mengejutkan mengalahkan tim unggulan Brasil 3-0 di final.

Pavel Nedved
Liga Champions 2003

Gelandang bertenaga kuda Pavel Nedved punya peran yang penting bagi Juventus. Sayangnya Nedved terkena hukuman akumulasi kartu kuning karena melanggar pemain Real Madrid Steve McManaman di semi final. Ia pun absen di final melawan AC Milan yang digelar di Old Trafford.

Milan lalu menjuarai Liga Champions keenam mereka usai menang adu penalti.

Antonio Maceda dan Rafael Gordillo
Piala Eropa 1984

Dua pemain penting Spanyol Antonio Maceda dan Rafael Gordillo absen di final Piala Eropa 1984. Dua pemain itu mendapat akumulasi kartu kuning saat bermain di semi final melawan Denmark. La Furia Roja akhirnya kalah di final dari Perancis dengan skor 2-0.

Source : Yahoo! Indonesia

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter