Wednesday, May 16, 2012

Black Box, Benda Paling Dicari Saat Terjadi Kecelakaan Pesawat

Kotak Hitam atau Black Box dari pesawat Sukhoi Superjet 100 yang mengalami kecelakaan di Gunung Salak baru saja ditemukan. Sebenarnya apa yang membuat benda ini begitu penting?Lewat alat ini, para peneliti bisa mencari tahu kebenaran apa yang sesungguhnya terjadi saat pesawat mengalami kecelakaan. Data-data seputar penerbangan dan perbincangan yang terjadi dapat mengungkap penyebab utama dari kejadian tersebut.

Black Box terdiri dari Cockpit Voice Recorder (CVR), dan Flight Data Recorder (FDR). Fungsi dari CVR adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot beserta tim di ruang cockpit, dan komunikasi radio antara kru cockpit dan pihak lain, termasuk Air Traffic Control (ATC).

Sedangkan fungsi FDR adalah merekam data-data teknis selama penerbangan, seperti ketinggian, kecepatan, arah penerbangan, dan yang lainnya. Metode perekaman adalah menggunakan pita perekam seperti kaset. Namun seiring perkembangannya, Black Box telah menggunakan chip.

Meskipun disebut Black Box atau Kotak Hitam, warna dari perangkat ini adalah oranye. Hal ini ditujukan agar saat terjadi kecelakaan, Black Box akan mudah ditemukan karena warnanya yang sangat mencolok. Namun dalam kasus kecelakaan Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Black Box ditemukan dalam keadaan hangus terbakar sehingga warnanya hitam.

Lapisan pelindung di bagian luarnya terbuat dari baja, sehingga tak mudah rusak atau hancur saat terjadi benturan, ledakan, atau tenggelam dalam air.

Umumnya, Black Box ditempatkan di bagian depan dan bagian ekor pesawat. Dua lokasi ini diyakini akan menjadi bagian paling utuh saat pesawat mengalami kecelakaan.

Tidak sembarang orang dapat mengakses Black Box. Untuk mencegah data yang terekam disalahgunakan, terdapat komputer khusus yang disambungkan ke perekam. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

Inilah alasan mengapa alat ini begitu penting. Namun perlu dicatat, meskipun sudah ditemukan, penelitian Black Box akan memakan waktu cukup lama, sekitar kurang lebih satu tahun.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter