Tuesday, May 15, 2012

Yuk, Coba Jajanan Khas Jepang!

Jajanan tradisional ternyata tidak hanya ada di Indonesia lho. Di negara lain juga banyak jajanan khas yang dijual maupun dibuat sendiri di rumah. Di Jepang misalnya, terdapat berbagai macam jajanan yang bisa dinikmati. Mau tahu? Yuk kita lihat apa saja jajanan khas Jepang:

Dorayaki.
Mendengar nama Dorayaki, pasti sudah tidak asing di telinga Anda, khususnya anak-anak yang senang nonton film kartun Doraemon. Betul, Dorayaki adalah makanan utama yang dimakan Doraemon, jagoan robot kucing di film ini.
Dorayaki adalah kue tradisional yang bentuknya bundar dan sedikit tembem, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selain kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut.

Takoyaki
Nama makanan yang asalnya dari daerah Kansai, Jepang. Berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisipotongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan.
Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasanplastik transparan untuk dibawa pulang.


Okonomiyaki
Ini jajanan khas Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan menggunakan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan.

Mochi
Mochi adalah Kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional Mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.


Taiyaki
Adalah kue Jepang berbentuk ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini juga sering diisi dengan cokelat, custard, keju, atau sosis.

Senbei
Adalah makanan ringan asal Jepang yang dibuat dari tepung beras atau tepung serealia yang lain. Makanan ringan ini bisa berbentuk bundar, persegi, atau persegi panjang yang pipih, dan dimatangkan dengan cara dipanggang hingga berwarna kuning keemasan. Dibandingkan kerupuk, senbei jauh lebih tebal, dan berukuran lebih besar daripada okaki atau arare.

Kashiwamochi
Ini merupakan kue Jepang yang dibuat dari tepung beras dengan isi selai kacang merah. Kue ini termasuk salah satu jenis mochi, dan disebut kashiwamochi karena dibungkus daun sejenis pohon ek. Daun pembungkus tidak untuk dimakan.


(Berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter