Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Sunday, October 26, 2014

Wayang Ajen Sudah Pentas Di 47 Negara

Pertunjukan wayang kulit (ilustrasi)

KAIRO -- Wawan Gunawan atau yang lebih dikenal dengan Ki Wawan Ajen menyatakan rasa bangganya karena telah melakukan pementasan Wayang Ajen di 47 negara.

"Alhamdulillah kehadiran kami di festival internasional di Mesir ini menambah panjang daftar pementasan di mancaranegara yang sudah mencapai 47 negara," kata Ketua Rombongan Kesenian Indonesia, Ki Wawan Gunawan Ajen, Kamis (25/10) malam.

Wawan dan timnya yang beranggotakan enam orang memukau penonton di Mesir dalam pentas Wayang Ajen di ajang perhelatan internasional, "The International Festival Alexandria for Puppets 2014" di Alexandria, Mesir, selama sepekan pada 19-25 Oktober 2014.

"Ini merupakan bagian dari misi diplomasi budaya Indonesia untuk memperkenalkan keragaman budaya Nusantara di manca negara," kata Wawan yang juga merupakan dalang, sutradara, sekaligus penulis skenario.

Wawan menampilkan Wayang Ajen Sufi selama 60 menit pada Rabu (22/10) malam dengan lakon "The Dead of Rahwana: Membasmi Angkara Murka".

Selain Indonesia, sejumlah negara juga ambil bagian dalam festival tersebut mencakup Teatro de Munecos & Titirom Colombia, Finger and Thumb Show Inggris, Bajkamela Theatre Serbia, Teatro Los Claveles Spanyol, Irak, Mesir, Libanon, Yordania, dan Arab Saudi.

Wawan menambahkan, kehadiran sejumlah negara peserta menjadikan penampilan Wayang Ajen sebagai sarana untuk mempromosikan Indonesia. Menurut Wawan, penampilannya di Mesir ini merupakan negara ke-47 sejak penampilan perdana di Spanyol tahun 2000 silam.

Negara-negara yang pernah Wawan diundang untuk pementasan Wayang Ajen, antara lain, Prancis, Italia, Belanda, Yunani, Argentina, India, Rusia, Brazil, Hungaria, Ceko dan Bulgaria.

Setiap negara, penampilan Wayang Ajen menyesuaikannya dengan situasi setempat yang sanggup menembus ruang dan waktu untuk mewarnai peradaban dunia. Wawan mencontohkan, penampilan Wayang Ajen Sufi di Alexandria ini menampilkan kisah-kisah dan musik pengiring bernuansa spiritualitas Islam yang universal.

"Kami pilih mementaskan lakon ini sebagai penjabaran dari tema festival, yakni mewujudkan persahabatan dunia melalui seni pertunjukan wayang," katanya.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...