Komputer_MOE !!!

Text

Selalu menyenangkan memiliki media baru untuk berekspresi. Dengan harapan agar menjadi panduan untuk meniti hari-hariku serta menyertai langkah-langkahku menyongsong indahnya dunia. Silakan tinggalkan komentar, apapun itu, demi kenyamanan dan kegembiraan yang bisa kau temui disini.

Info PENTING!

Selain Anda dapat membaca artikel berkualitas, Anda juga dapat menggunakan widget utility menarik lainnya di blog saya seperti Chat Via E-Buddy, SMS Gratis, Ataupun Menonton TV Streaming.

Dan kini Blog MyAkise sudah bisa di akses Via Mobile, Silahkan ketik link http://myakise.blogspot.com/?m=1 di perangkat mobile Anda.

Terima Kasih Dan Semoga Bermanfaat.

Kamis, Oktober 23, 2014

Guru Besar Ini Gunakan Matematika Untuk Kendalikan Banjir

ITS

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Guru Besar Matematika FMIPA ITS Surabaya Prof Dr Dra Erna Apriliani MSi menerapkan matematika untuk bidang lingkungan, di antaranya mengendalikan banjir dan estimasi aliran lahar.

"Sejak tahun 1999, kami menekuni Metode Asimilasi Data dalam matematika yang bisa diterapkan dalam bidang lingkungan," katanya di kampus setempat, Kamis (23/10).

Menurut guru besar yang dikukuhkan bersama Prof Iwan Vanany ST MT PhD dari Jurusan Teknik Industri ITS (22/10) itu, metode asimilasi data merupakan metode untuk mengestimasi parameter atau variabel keadaan dengan cara menggabungkan antara model matematika dan data-data pengukuran.

"Salah satu dari metode asimilasi data adalah filter Kalman yang penerapannya antara lain estimasi ketinggian gelombang laut, estimasi ketinggian pasang surut air laut, estimasi kerusakan ozon, estimasi posisi gerak robot mobil, estimasi posisi gerak kapal laut, estimasi perubahan harga saham, estimasi, ketinggian air sungai dan lainnya," katanya

Saat ini ia sedang melakukan penelitian tentang penerapan metode asimilasi data untuk mengestimasi aliran debris atau lahar di Kali Putih, G Merapi, dan estimasi ketinggian air sungai untuk mengendalikan banjir di Bojonegoro akibat meluapnya Bengawan Solo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Berlangganan Artikel Via Feedblitz

Enter your Email


Preview | Powered by FeedBlitz

SMS Gratis! Silahkan...


Make Widget

My Twitter

FanPage Taste Of Knowledge

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...