Wednesday, October 22, 2014

Sepuluh Tahun Hellofest: Magnet Bagi Puluhan Ribu Penggemar Budaya Pop

hellofest

Ajang kreatifitas pop-­‐culture terbesar di Indonesia, Hellofest dalam penyelenggaraan tahun ke-­‐10 menargetkan mampu menyedot 40.000 pengunjung ke Tennis Indoor Senayan pada tanggal 22-­‐23 November 2014.

Wahyu Aditya founder HelloFest optimistis target tersebut akan dapat terpenuhi mengingat  tingginya perhatian masyarakat industri kreatif Indonesia terhadap kegiatan yang dimulai  secara swadaya sebagai acara kelulusan bagi siswa – siswi Hellomotion Academy.

“Ajang ini menjadi saksi munculnya kreator dalam negeri di bidang animasi, film pendek, cosplay, craft, merchandising dan wilayah budaya pop lokal. Saat diawali hanya 300 pengunjung, tahun lalu sudah mencapai 33.000 pengunjung,” papar peraih Juara Dunia Young Creative Enterpreneur dari British Council tersebut.

Tidak itu saja, lanjutnya, seiring berjalannya waktu HelloFest mengembangkan ajang ini  sebagai kegiatan produktif seperti workshop, masterclass berupa diskusi membahas film  pendek dan animasi berisi praktisi nasional maupun internasional, seminar, content  development hingga big bang show yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan  kuantitas produksi konten dan HAKI lokal.

Menurut Waditya, format HelloFest memang tak sekadar festival penggemar budaya pop namun ditujukan sebagai wadah bertemunya inovator, pengambil keputusan dan pengguna  awal yang sangat berpengaruh dalam sukses tidaknya sebuah produk kreatif tersebut  diterima oleh pasar.

Dalam pengertian lebih luas, saat ini HelloFest telah menjadi ajang tempat bertemunya para pencipta, komunitas, media, sponsor, pengguna jasa di sektor swasta, sponsor dan tentu saja  dunia pendidikan.
Selain tiga acara utama dalam HelloFest Anima Expo yaitu HelloFest Movies (animasi, non  animasi dan film 8 detik), KostuMasa, dan tentu saja Pasar HelloFest (ekshibisi pop culture)  yang menjadi ajang transaksi langsung pengguna dan pencipta produk-­‐produk kreatif Tanah  Air, juga ada program Unjuk Rasa Animasi Lokal sebagai ajang showcase konten-­‐konten  animasi dari Indonesia

Eksistensi HelloFest diakui tidak saja di dalam negeri, sejak 2008, HelloFest telah menjadi juri  tetap perwakilan Indonesia di ajang AsiaGraph di Tokyo. Perwakilan Indonesia ke ajang  AsiaGraph merupakan pemenang atau finalis dari kompetisi HelloFest. Sejak 2008, sudah 12  penghargaan diraih Indonesia. “Secara teknis animasi lokal tidak kalah dengan animasi luar  negeri, hal itu yang membuat saya optimis terhadap perkembangan industri animasi,” tegas Wahyu Aditya.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ada sekitar 40 studio animasi yang sudah terjun dalam industri perfilman di Indonesia dan jumlah ini akan terus meningkat. Sejumlah studi animator dalam negeri telah rutin memberikan jasa mereka bagi  negara seperti Inggris, China, dan Jepang untuk membuat film animasi.

Pada masa mendatang, HelloFest berharap mampu menjadi ajang rujukan industri kreatif yang mendunia setara dengan San Diego Comic Con di Amerika Serikat yang digelar selama empat hari dengan dihadiri 250.000 pengunjung dan ajang terbesar di dunia Comiket di Tokyo yang dalam tiga hari penyelenggaraan dibanjiri 500.000 pengunjung.

Sebuah mimpi yang sangat realistis mungkin dicapai oleh HelloFest mengingat San Diego Comic Con dan Comiket digelar sejak era 1970-­‐an, demikian juga besarnya pasar di  Indonesia.

Selain menggelar ajang HelloFest di Jakarta, di sejumlah kota yang menjadi kantong industri kreatif digelar HelloFest Roadshow berupa edukasi dalam format seminar tentang perkembangan dunia animasi dan film pendek lokal maupun internasional sementara edutainment berbentuk pemutaran film animasi pendek koleksi HelloFest tahun 2000 hingga 2014.

HelloFest Roadshow digelar dengan tujuan memberikan edukasi dan kesadaran terhadap masyarakat tentang produk-­‐produk kreatif dengan tujuan utama memacu generasi muda untuk berani berkarya. Salah satu kota yang akan dikunjung HelloFest pada bulan Oktober yaitu Yogyakarta.

Sebelumnya, sebagai ajang pemanasan, pada bulan ini HelloFest berperan serta di ajang Encounters Film Festival Bristol dan  pemutaran film di London yang dilakukan bersama Kedutaan Besar RI & Persatuan Pelajar Indonesia.

Tentang HelloFest

Berawal dari inisiatif HelloMotion Academy untuk membuat acara kelulusan bagi siswa – siswinya yang diselenggarakan secara sederhana, HelloFest telah membesar dan menjadi ajang kreativitas tingkat nasional di bidang animasi, film pendek hingga pop‐culture. HelloFest kini menjadi wadah kegiatan yang dinanti berbagai komunitas kreatif untuk ajang temu memamerkan dan memasarkan karyanya.

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter