Wednesday, March 02, 2011

Laptop Yang Dikontrol Dengan Mata

(ICTF - Hardware) Tidak perlu bantuan mouse, sebuah laptop kini cukup dikendalikan dengan mata. Ya, sebuah prototipe laptop yang dibuat Lenovo bersama perusahaan teknologi eye tracking, Tobii, memungkinkan laptop dikontrol dengan mata manusia.

Kecanggihannya dipamerkan di pameran teknologi CeBit yang berlangsung di Jerman. Dengan gerakan mata, user dapat mengoperasikan berbagai menu di komputer.

Semisal, cukup dengan mengerlingkan mata ke ikon tertentu, maka ikon ini akan membuka dan menampilkan informasi yang diinginkan. Dengan melakukan tatapan, sebuah gambar juga dapat di-zoom. Canggih bukan?

Laptop tersebut mengenali pergerakan mata dengan bantuan infrared, kemudian sebuah kamera tersembunyi mendeteksi tingkah retina. Tobii berharap teknologi yang mereka kembangkan ini dapat dinikmati secara luas di masa-masa mendatang.

"Prototipe laptop ini membuktikan bahwa teknologi eye tracking sudah cukup matang untuk digunakan di interface komputer standar," kata Henrik Eskilsson, CEO Tobii seperti dilansir Cnet dan dikutip pada Rabu (2/3/2011).

Memang sempat terbesit keraguan apakah laptop tersebut akurat mengenali pergerakan mata. Namun percobaan dari beberapa media teknologi termasuk Engadget, menyimpulkan bahwa teknologi ini bekerja cukup baik. Sistem mampu mendeteksi pergerakan mata dengan akurat.

(ey/EY/ictf-dtc)

Source : ICTFiles.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter