Wednesday, March 02, 2011

WikiLeaks & Internet Masuk Nominasi Nobel Perdamaian

Jakarta - Keberadaan website WikiLeaks menciptakan kehebohan tersendiri di tahun 2010, dengan menampilkan sejumlah dokumen super rahasia. Meski mendapat banyak tekanan, tak sedikit yang mengapresiasinya. Bahkan kini, WikiLeaks dinominasikan meraih penghargaan Nobel Perdamaian 2011.

Komite Nobel Norwegia telah mengumumkan sebanyak 241 nominator untuk Nobel Perdamaian 2011, termasuk di antaranya WikiLeaks. Ini adalah rekor jumlah nominator. Di tahun 2010, nominator berjumlah 237 pihak.

Para nominator ini dicalonkan oleh beberapa pihak berkompeten. Mereka termasuk para anggota parlemen berbagai negara dan para pemenang Nobel sebelumnya.

Wikileaks yang didirikan Julian Assange, memantik kontroversi besar karena membocorkan berbagai data rahasia milik pemerintah Amerika Serikat. Pemerintah AS sangat berang karenanya dan mencoba segala upaya membendung sepak terjang WikiLeaks.

Di samping WikiLeaks, seperti dilansir Reuters dan dikutip detikINET, Rabu (2/3/2011), internet juga mendapatkan nominasi Nobel Perdamaian tahun ini. Dunia maya sepertinya dipandang memiliki andil terhadap perdamaian dunia.

Nobel yang diprakarsai oleh penemu asal Swedia, Alfred Nobel, dipandang sebagai salah satu penghargaan paling bergengsi sejagat. Para pemenangnya bakal meraih hadiah sampai USD 1,58 juta. ( fyk / rns )

Source : Detik Inet

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter