Wednesday, March 09, 2011

Awas, Kebanyakan Basa Basi Bisa Bikin Depresi

Jangan anti dulu dengan obrolan yang serius. Peneliti membuktikan orang yang terlibat dalam pembicaraan mendalam atau serius justru lebih bahagia. Sebaliknya, orang-orang yang hanya ngobrol masalah sepele bisa bikin depresi.

Ilmuwan menemukan percakapan yang mendalam dapat meningkatkan kebahagian seseorang karena membuat keterlibatan seseorang lebih akrab. Tapi obrolan yang sepele justru bisa membuat orang menjadi depresi atau tidak bahagia, seperti yang dikutip dari detikhealth.

Dalam penelitian ini psikolog menyelidiki apakah perasaan bahagia dan tidak bahagia seseorang bisa tergantung dari jenis percakapan yang dilakoninya atau tidak.

Partisipan yang ikut terlibat dalam penelitian ini menggunakan alat perekam untuk memantau percakapannya dengan teman atau koleganya selama empat hari.

Para peneliti kemudian mendengarkan rekaman yang ada serta mengidentifikasinya sebagai percakapan yang sepele atau terlibat dalam diskusi yang mendalam. Selain itu peneliti juga memberikan penilaian terhadap kepribadian dan kesejahteraan dari orang tersebut.

Studi ini memberikan temuan-temuan yang cukup mengejutkan dan hasilnya telah dilaporkan dalam jurnal Psychological Science.

Hasil penelitian didapatkan kebahagiaan yang besar dalam bersosialisasi terkait dengan seberapa banyak waktu yang dihabiskan orang untuk sendiri serta waktu untuk berbicara dengan orang lain.

Partisipan yang paling berbahagia jika dirinya menghabiskan kurang dari 25 persen waktunya untuk sendiri dan 70 persen lebih banyak untuk berbicara.

Tapi peneliti juga terkejut dengan temuan bahwa topik pembicaraan bisa mempengaruhi tingkat kebahagiaan dari orang tersebut. Partisipan yang paling bahagia ditemukan dua kali lebih besar jika terlibat dalam pembicaraan yang bermakna. Sedangkan sepertiga partisipan mengaku tidak bahagia jika terlibat dalam pembicaraan yang sepele atau hanya sekedar basa basi.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa kehidupan yang bahagia meliputi sosialisasi yang baik dan terlibat dalam percakapan yang mendalam atau bermakna daripada hidup sendiri (soliter) dan hanya basa basi saja," ujar Matthias Mehl, profesor psikologi dari University of Arizona, seperti dikutip dari Telegraph.

Mehl menambahkan suatu percakapan yang mendalam bisa menumbuhkan rasa keakraban dengan orang lain dalam suatu hubungan, sehingga akan lebih bermakna dalam menciptakan interaksi yang baik dengan orang lain.

Para peneliti menyimpulkan bahwa percakapan yang mendalam dan bermakna kemungkinan bisa memiliki potensi untuk membuat orang lain menjadi lebih bahagia dibandingkan hanya sekedar basa basi saja.



Source : Wollipop.Com

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter