Tuesday, March 29, 2011

Pelopor Dunia Internet Tutup Usia

TOKOH pelopor internet, Paul Baran, meninggal dunia di Palo Alto, California, Amerika Serikat, pada Sabtu (26/3). Sosok penting dunia internet itu tutup usia akibat komplikasi kanker paru-paru.

Pria berusia 84 tahun itu pernah bergabung dengan RAND Corporation yang fokus pada isu-isu militer Perang Dingin. Baran mendedikasikan dirinya untuk memikirkan cara berkomunikasi dalam peristiwa serangan nuklir.

Mengingat bahwa fasilitas switching terpusat hancur akibat serangan nuklir. Baran menggagas ide sebuah sistem untuk perusahaan agar tidak membutuhkan sebuah switch terpusat. Gagasan itulah yang mendasari lahirnya internet modern.

Baran datang dengan ide jaringan node tanpa awak yang berfungsi sebagai switch. Serta konsep membagi data ke dalam blok pesan yang akan dikirim keluar kantor secara terpisah, dan bergabung kembali ketika tiba di tempat tujuan.

Ia pun menguji pemikiran itu pertama kali pada 1969. Sistem itu dikenal sebagai ARPAnet dan didanai oleh Departemen Pertahanan Advanced Research Projects Agency (DARPA).

''Dalam waktu dua tahun, sistem tersebut menjadi sebuah kantor yang dilengkapi kecepatan elektronik tertinggi untuk bertukar informasi secara teknis,'' kata RAND.

kelahiran Grodno, Polandia, 29 April 1926 itu bergabung dengan RAND Corporation tahun 1959. Pada saat itu perusahaan tersebut fokus pada isu-isu militer Perang Dingin. Dan secara khusus memikirkan bagaimana berkomunikasi dalam peristiwa serangan nuklir.

Tugas mempertahankan daftar nama host dan alamat melalui ARPAnet akhirnya terbukti cukup sulit, dan DOD (Department of Defense) akhirnya menciptakan sistem nama domain (DNS) pada 1980-an.

ARPANET telah dihapus tahun 1990, dan yang berkembang menjadi NSFNET, jaringan berkecepatan tinggi nasional berdasarkan protokol internet yang dikembangkan oleh IBM, MCI, dan Merit, melalui hibah dari National Science Foundation.

Pada 1992, Kongres memberikan NSF kewenangan untuk memungkinkan kegiatan komersial pada NSFNET, yang meletakkan dasar untuk Internet yang kita kenal sekarang.

Pada 1997, Presiden Clinton mengarahkan Sekretaris Perdagangan untuk memprivatisasi DNS, dan upaya mengarahkan penciptaan Internet Corporation for Assigned Names and Numbers pada tahun 1998.(MI/***)

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter