Wednesday, March 09, 2011

Memanfaatkan Fitur List Di Twitter

Salah satu fitur paling berguna di situs jejaring sosial Twitter adalah List. Fungsi utamanya tentu saja untuk mengelompokan akun-akun tertentu ke dalam beberapa kelompok untuk memudahkan kita melihat status update akun-akun tersebut. Jadi kita tidak perlu membuka satu per satu akun-akun tersebut untuk melihat status update-nya. Yang perlu kita lakukan cukup membuka List yang kita buat.

Saya sendiri memanfaatkan fitur List tersebut antara lain untuk mengelompokan akun-akun Twitter teman-teman saya (List ini saya beri nama "friends") dan untuk mengelompokan akun-akun Twitter resmi milik situs-situs web yang menjadi langganan saya (List ini saya beri nama "services"). Satu List lain yang saya buat bernama "lalulintas" yang -seperti namanya- berisi informasi seputar lalu lintas Jakarta.

Saat saya ingin secara khusus melihat status update dari teman-teman saya, saya buka List "friends" itu. Saat saya ingin secara khusus mendapatkan informasi dari situs-situs web langganan saya, saya buka List "services" saya itu. Kalau saya ingin melihat informasi lalu lintas Jakarta, saya cukup membuka List "lalulintas" yang saya buat itu. Ini adalah fungsi dasar List.

Akan tetapi yang unik dari fungsi List ini adalah untuk menjaga kebersihan Timeline kita. Hal ini disebabkan karena kita tidak perlu follow akun-akun yang kita masukan ke dalam List. Misalnya List "lalulintas" yang saya buat di atas. Semua akun dalam List "lalulintas" itu tidak saya follow sehingga status update mereka tidak masuk ke dalam Timeline saya. Hal ini sengaja saya lakukan agar Timeline saya tidak didominasi informasi lalu lintas. Jika saya butuh informasi lalu lintas, saya cukup membuka List "lalulintas" itu.

Jadi kalau ada status update akun Twitter tertentu yang ingin kita ikuti, kita dapat memasukannya ke dalam List kita tanpa perlu kita follow. Kalau memang kita juga tertarik melihat akun Twitter tersebut di Timeline kita, kita dapat follow akun tersebut sekaligus memasukannya ke dalam List.

Semoga Bermanfaat!

Sumber Postingan : http://bagaimana-cara.blogspot.com/2011/01/memanfaatkan-fitur-list-di-twitter.html

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter