Friday, March 11, 2011

Beli Prangko Di Denmark Bisa Lewat SMS


Di Denmark, tanpa prangko orang masih bisa mengirim surat

Pengirim surat di Denmark yang tidak mempunyai prangko tidak harus ke kantor pos untuk membeli prangko tetapi cukup mengirim SMS guna membeli prangko.

Mulai 1 April, kantor pos Denmark meluncurkan layanan pengiriman baru Mobile Postage untuk surat standar tanpa prangko pada amplop surat.

Sebagai gantinya, pengirim surat cukup mengirim SMS ke kantor pos dan akan mendapatkan kode yang kemudian bisa dicantumkan pada amplop.

Pengirim SMS bertuliskan "PORTO" ke nomer 1900 akan menerima balasan berisi kode yang harus dicantumkan pada sudut kanan atas pada amplop, seperti layaknya pengirim menaruh prangko.

"Mobile Postage adalah layanan tambahan berguna bagi mereka yang memerlukan prangko tanpa tergantung pada waktu dan tempat," kata Henrik Larsen, juru bicara Post Danmark.

Swedia Tertarik

Untuk tahap awal, hanya surat dengan berat maksimal 50 gram bisa dibubuhi dengan kode prangko pengiriman.

Harga kode prangko ini adalah 8 kroner atau sekitar Rp13.000 sama dengan harga prangko standar, ditambah dengan biaya pengiriman SMS. Biaya ini akan ditambahkan langsung pada biaya penggunaan telepon seluler pengguna.

Namun kode prangko tersebur hanya berlaku selama tujuh hari sejak pembelian dan hanya berlaku bagi surat dengan alamat tujuan di dalam negeri.

Henrik Larsen menegaskan penyediaan layanan ini tidak bertujuan menggantikan prangko.

"Tentu saja kami akan tetap mempertahankan prangko Denmark karena prangko menambah kualitas pada surat," katanya.

Swedia dilaporkan juga tertarik menggunakan sistem serupa untuk surat standar dan paket kecil dengan berat maksimal 2kg.

(bbc/bbc)

No comments:

Post a Comment

FanPage Taste Of Knowledge

Popular Posts

My Twitter